Rabu, 28 Maret 2012

Melatih Kemampuan Berpikir Siswa Gada Pratama

Sebelum lebih jauh dalam membentuk sebuah konsep pengamanan terpadu (integrated security system) dibutuhkan masa pelatihan dan pembinaan yang berkesinambungan dan berkelanjutan yang dilakukan oleh  perusahaan jasa keamanan, apalagi saat ini sudah disadari bahwa ancaman keamanan (security threat) menjadi tuntutan bagi perusahaan yang mengelola jasa keamanan sebagai pihak yang sudah seharusnya berbasis security risk manajement. Ini merupakan PR besar bagi perusahaan jasa keamanan dalam mengimplementasikan sistem tersebut dalam melaksanakan kegiatan pengamanan terpadu, mulai dari pemahaman komprehensif mengenai profile keamanan, pengetahuan dasar bahaya keamanan dan mengantisipasi aksi-nya serta pengendalian operasional harian. 

Pendidikan dasar bagi calon anggota security yang wajib di ikuti melalui pendidikan dasar yang lama pelatihan-nya 4 (empat) minggu dengan pola 232 jam pelajaran dengan materi pelatihan antara lain :
- Interpersonal Skill,
- Etika Profesi
- Tupoksi dan Peranan Satpam
- Kemampuan Kepolisian Terbatas
- Beladiri
- Pengenalan Bahan Peledak, Barang Berharga
- Latihan Menembak,
- Pengetahuan Narkotika, Psikotropika & Zat Adiktif
- Penggunaan Tongkat dan Borgol
- PBB dan PPM.

Dalam pendidikan dan pelatihan calon anggota security jasa keamanan tentunya sudah berdasarkan ketentuan yang berlaku, yaitu mengacu kepada pola pendidikan dasar Gada Pratama. 

Beberapa cara dalam memaksimalkan pola pendidikan dasar dengan menerapkan latihan pengembangan cara berpikir melalui latihan sebagai berikut : 

(1) Pertama, yaitu melatih kemampuan mengamati lingkungan sekitar dengan memberikan latihan untuk mengingat beberapa bagian atau benda seperti bagian pada bangunan maupun sarana latihan. Siswa diharuskan untuk tetap selalu memperhatikan kelengkapan barang-barang dibawa atau yang dipergunakan (koperlap) pada saat mengikuti pelatihan, pelatih akan terus mengecek dan menekankan atas kelengkapan (koperlap) yang dibawa atau dipakai oleh siswa, dan dengan situasi dan kondisi apapun, siswa akan selalu mempertahankan kelengkapan barang-barang-nya. Pola latihan tersebut akan melatih dan membiasakan siswa didik untuk selalu memperhatikan barang, sarana atau aset perusahaan dan hal apapun yang menjadi keharusan dalam melaksanakan tugas penjagaan, nanti-nya setelah mereka bekerja dilapangan seperti . 

(2) Kedua, adalah mengasah ketajaman panca indra dengan melakukan uji kepekaan melalui penciuman, pendengaran, perabaan dan penglihatan. Dalam beberapa sesion latihan, siswa dilatih untuk menjawab beberapa tes uji ketajaman mengenai barang atau apa saja baik melalui tes penciuman, perasa maupun pendengaran. Pelatih akan mencoba memberi latihan tersebut seperti siswa dalam kondisi mata ditutup, siswa diharuskan menjawab pertanyaan mengenai sesuatu yang mereka raba, suara yang mereka dengar dsb. 

(3) Ketiga, adalah mengasah ingatan siswa dalam waktu yang singkat, latihan ini difungsikan untuk melatih kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. Dalam kegiatan pendidikan dan latihan, masing-masing siswa akan dibagi beberapa kelompok/regu, mulai dari penunjukan komandan regu, anggota sampai dengan jumlah anggota-anggotanya. Sejak dimulai kegiatan pelatihan dan pertemuan yang singkat inilah, siswa diharuskan dapat menghapalkan nama-nama rekan/siswa lainnya, selanjutnya siswa akan berusaha mengingat dan menghapal identitas lainya, sementara itu pelatih akan terus mengevaluasi siswa untuk selalu mengingat dan menghapal orang-orang disekitarnya. 

(4) Keempat, yaitu mempelajari sesuatu yang baru untuk mendapatkan rangsangan untuk berpikir. Sejak berakhirnya masa sekolah, sampai kembali ke lingkungan asal (lingkungan keluarga/masyarakat) dan mencoba untuk menemukan lingkungan baru di dunia kerja, hal ini akan berpengaruh terhadap berkurangnya rangsangan dalam berpikir. Oleh karena itu dalam pelatihan maupun bagi mereka yang sudah terjun di lapangan, perlu adanya rangsangan untuk berpikir sehingga kerja otak akan kembali berjalan, seperti sebuah mesin yang sempat diistirahatkan, maka dapat berjalan kembali seperti sedia kala, disamping penyediaan bahan bakar yang cukup, maka untuk menghidupkannya dengan cara sistem starter atau dengan cara manual lainnya. Siswa akan dituntut untuk mempelajari sesuatu yang baru yang gunanya adalah merangsang otak untuk berpikir seperti belajar bahasa asing, pengenalan dasar komputer dan materi apa saja sehingga dapat bermanfaat dan diterapkan nanti dilingkungan kerja. 

(5) Kelima, melatih menggunakan tangan supaya mengikuti petunjuk otak, latihan ini diberikan kepada siswa didik untuk berlatih bagaimana mensinergikan antara otak/pikiran dengan bagian tubuh. Kegiatan latihan ini dapat diberikan kepada siswa didik dengan memberikan latihan seperti berlatih menulis yang halus, melatih mereka mengenai bagaimana menuangkan isi pikiran mereka ke dalam sebuah tulisan yang terdiri dari rangkaian kata-kata yang sesuai dengan yang ada dalam pikiran mereka. 

(6) Keenam, berlatih untuk menghapalkan sesuatu yang disukai, latihan ini sebenarnya tidak terlalu sulit karena secara motivasi, otak akan dengan sendirinya terangsang untuk berusaha mengingat. Dalam beberapa pola latihan biasanya cara ini sudah banyak di praktekan seperti menghapalkan yel-yel, lagu-lagu yang berhubungan dengan masa orientasi atau latihan. Cara tersebut sepertinya bisa juga diterapkan untuk mengingat sesuatu seperti kata-kata atau bahan-bahan penting yang dibuatkan kedalam sebuah lirik atau lagu. 

(7) Ketujuh, melatih untuk mengingat angka berderet. Latihan ini cukup sulit apabila diterapkan dalam sesion latihan, akan tetapi sangat berguna dalam melatih kemampuan berpikir. Untuk siapapun mungkin ada yang pernah mengikuti latihan seperti latihan dasar militer atau semi militer, latihan ini cukup simple dan banyak siswa yang cukup sulit untuk mengingatnya yaitu mengingat seri angka dari senjata yang dipergunakan dalam latihan. Setiap siswa latihan dituntut untuk mengingat nomor seri atas senjata yang mereka miliki, apabila lupa atau tidak mengenalinya, maka resikonya adalah tertukar dan akan berusaha untuk menghapal kembali nomor senjata yang sudah tertukar tersebut.

roy saputra: roy_saputra2407@yahoo.com

Selasa, 27 Maret 2012

Administrasi Perusahaan Outsourcing Jasa Pengamanan

Sistem administrasi,
Dapat menentukan citra dan kualitas dari sebuah perusahaan. Dalam menjalankan kegiatan administrasi didasari oleh teori dan praktek dilapangan. Sesuai dibidang administrasi pada perusahaan jasa keamanan yang pernah saya masuki, yang dimulai dari kegiatan administrasi seperti penyiapan sarana administrasi, pencatatan, pendataan, sampai kegiatan pengarsipan dari kegiatan perusahaan itu sendiri.

Pengertian administrasi
Secara luas adalah proses penyelenggaraan kerja yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, administrasi baik dalam pengertian luas maupun sempit dalam penyelenggaraannya diwujudkan melalui fungsi-fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Administrasi dalam prosesnya tentu terkait dalam kegiatan, pengaturan sampai penentuan tujuan yang akan dicapai.

Langkah yang dijalankan dalam pelaksanaan sistem administrasi perusahaan dapat dimulai :

a. Membuat struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Struktur organisasi pada perusahaan hampir sama di tiap perusahaan, yang menjadi perbedaan adalah unsur manakah yang dominan memegang fungsi pelaksanaan kegiatan perusahaan dan bertanggung jawab terhadap jalannya kegiatan. Saya tidak dapat menyebutkan identitas atau nama jabatan tertentu karena masing-masing perusahaan memiliki pilihan dari unsur nama jabatan organisasi, yang terpenting adalah kepada siapa unsur jabatan tersebut bertanggung jawab, sampai kepada unsur jabatan tertingggi pada perusahaan.

b. Menempatkan seorang administrasi.yang ideal dalam masing- masing bagian.
Biasanya, unsur yang dominan dalam perusahaan outsourcing jasa keamanan adalah bagian operasional, karena bagian inilah yang menjadi urat nadi perusahaan dimana lebih banyak membutuhkan SDM baik di kantor maupun dilapangan. Banyaknya ketimpangan kebijakan yang dapat mempersulit jalannya fungsi operasional sehingga berpengaruh terhadap kegiatan dan kualitas dilapangan. Meskipun kebijakan dari pimpinan menentukan adanya bagian administrasi yang mengatur kegiatan administrasi, namun sebaiknya pimpinan perlu menempatkan seorang administrasi di masing-masing bagian dari perusahaan untuk melaksanakan kegiatan administrasi.

c. Membuat Format Kegiatan Administrasi.
Format kegiatan administrasi dibuat berdasarkan siklus kegiatan perusahaan dalam bentuk format pengisian dengan berdasarkan item seperti nomor, waktu kegiatan, jenis kegiatan, keterangan dan hasilnya dapat disimpan dalam bentuk arsip perusahaan. Contoh kegiatan ini adalah seperti Form pengisian identitas karyawan, form laporan kejadian, ijin keluar, form absensi bahkan bentuk administrasi dilapangan dilakukan oleh anggota seperti buku mutasi/jurnal.

d. Sistem koordinasi antara masing-masing bagian.
Sistem ini penting dibuat untuk menyelenggarakan kegiatan administrasi sesuai kebutuhan perusahaan yang dapat berpengaruh dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan. Sarana yang dapat dipergunakan misalnya dengan email, penggunaan fasilitas komputer, handphone, faximile dsb.

e. Membuat kegiatan administrasi berupa pendataan.
Tingkat perubahan formasi maupun mutasi anggota sangat tinggi dalam sebuah perusahaan oursoucing jasa kemanan, karena ditentukan oleh kondisi dilapangan untuk memenuhi kebutuhan operasional seperti plotingan, penambahan dan pengurangan lokasi kerja sehingga perlu dibuatkan data administrasi bisa berbentuk daftar dari suatu proses kegiatan,

secara garis besar dapat di jelaskan antara lain :
1. Membuat data calon anggota yang masuk dan yang diterima oleh bagian penerimaan, berguna untuk mempermudah pencarian mengenai calon anggota baik calon anggota yang diproses lebih lanjut maupun yang ditunda pelaksanaannya bisa berupa data nama, tanggal melamar, alamat tinggal, nomor telpon, referensi, kriteria, dan keterangan.

2. Membuat data hasil dari seluruh kegiatan pendidikan dan pelatihan calon anggota security berupa daftar siswa yang mengikuti pendidikan dan pelatihan, rencana kegiatan, daftar hasil tes fisik dan medis, daftar pengunduran diri, daftar nilai siswa dan laporan kegiatan pendidikan dan pelatihan.

3. Membuat daftar kebutuhan anggota dilokasi disertai dengan catatan kriteria yang diperlukan dari masing-masing lokasi, database, daftar surat penugasan atau penempatan, daftar anggota yang keluar, daftar mutasi anggota, daftar penempatan anggota tiap lokasi, daftar anggota yang dirumahkan atau belum penempatan.

4. Menyusun daftar kebutuhan anggota sesuai dengan jumlah yang diterima, permohonan barang, cheklist barang, prosedure permohonan barang, daftar pengambilan barang dan tanda terima penyerahan barang.

5. Menerima daftar absensi dari masing-masing lokasi, daftar penempatan, daftar mutasi anggota, daftar pengambilan barang yang akan dihitung sesuai dengan ketentuan perhitungan dari perusahaan.

6. Mendata dan menerima data anggota yang aktif dilapangan untuk diberi fasilitas tunjangan seperti tunjangan hari raya, jaminan kesehatan dan atau kecelakaan sebagai ketentuan yang harus dilaksanakan oleh setiap perusahaan menurut peraturan yang berlaku.

Kegiatan selanjutnya merupakan akhir dari kegiatan administrasi adalah kegiatan pengarsipan dari data yang diperoleh yang disusun dengan aturan pengarsipan yang baik sehingga pada kesempatan lain, apabila data tersebut diperlukan, dapat dengan mudah untuk mencarinya.

CARA MENGGUNAKAN APAR

CARA MENGGUNAKAN APAR

Materi Training yang akan saya sampaikan kali ini adalah : Pengenalan APAR dan Cara Penggunaannya. Setelah mengikuti materi training ini diharapkan Satpam (security guard) dapat memahami dan mampu melaksanakan tugas-tugas: Mengetahui kondisi dan tindakan untuk pencegahan kebakaran di area kerja masing-masing; Mengetahui kondisi sarana proteksi kebakaran di area kerjanya; Mampu memadamkan kebakaran tingkat awal; Mampu mengamankan lokasi kebakaran. APAR (Alat Pemadam Api Ringan) adalah alat pemadam apiportable yang mudah dibawa, cepat dan tepat di dalam penggunaan untuk awal kebakaran, selain itu pula karena bentuknya yang portable dan ringan sehingga mudah mendekati daerah kebakaran. Dikarenakan fungsinya untuk penanganan dini, peletakan APAR-pun harus ditempatkan di tempat-tempat tertentu sehingga memudahkan didalam penggunaannya.

Berikut tempat yang direkomendasikan untuk diletakkannya APAR : 
- Diletakkan pada jalur jalan keluar.
- Dekat dengan pintu dan diberi label yang mudah dibaca serta terlihat dengan dengan jelas.
- Cukup dekat dengan daerah yang berbahaya.
- Bila diletakkan pada gantungan (hanger), tinggi handle (pegangan) dari lantai = 120 cm
- Pada gedung bertingkat usahakan posisi diletakkannya APAR adalah pada posisi yang sama, diletakkan   
  pada sudut-sudut gang (koridor) atau dekat pintu tangga.


Proses terjadinya api/kebakaran diakibatkan oleh bersatunya tiga unsur :
Bahan bakar
Benda yang mudah terbakar, seperti bahan-bahan kimia, bahan bakar, kayu, plastik dan sebagainya.
Oksigen (O2)
Tersedia di udara
Sumber Panas
Seperti energi elektron (listrik statis ataupun dinamis), sinar matahari, reaksi kimia, dan perubahan kimia.

Apabila ketiganya bersenyawa maka akan terjadi api. Apabila sudah terjadi kebakaran maka langkah kita adalah menghilangkan adanya oksigen dalam kebakaran tersebut.

BAHAN KANDUNGAN APAR

Selain dibedakan berdasarkan besar atau ukurannya, APAR dapat pula dibedakan berdasarkan bahan pemadam (racun api) di dalamnya. APARmengandung tiga jenis bahan, yaitu :
Halon
Adalah APAR yang diisi dengan gas carbon monoksida (CO) yang dapat mematikan api dengan mengeluarkan cairan yang dingin. Pengguna APAR dilarang memegang Nozle saat melakukan pemadaman untuk menghindari tangan menjadi kaku karena mengalami kebekuan yang berakibat fatal saat melakukan pemadaman.
Powder
Adalah APAR yang menggunakan bahan dari tepung atau bubuk. Pengguna APAR jenis ini sebaiknya menggunakan masker sebab partikel tepung atau bubuk dapat terhirup masuk ke saluran pernapasan, yang bila dalam jumlah besar dapat menyebabkan pingsan. 

Foam
Adalah APAR berbahan dari jenis busa atau foam yang dibuat dari campuran air dan sabun dengan komposisi standar. 


KELAS/JENIS KEBAKARAN
Di Indonesia kebakaran dibagi menjadi:

Kelas A
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa, dan lain-lainnya. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan APAR tepung kimia kering.

Kelas B
Kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol, dan lain-lainnya. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: pasir, APAR tepung kimia kering. Dilarang memakai air untuk jenis ini karena berat jenis air lebih berat daripada berat jenis bahan di atas, sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana.
Kelas C
Kebakaran yang disebabkan oleh listrik. Media yang baik untuk pemadaman kebakaran untuk kelas ini adalah: APAR tepung kimia kering. Matikan dulu sumber listrik agar kita aman dalam memadamkan kebakaran.
Kelas D
Kebakaran pada logam seperti magnesium dan sodium. Ini tergolong kebakaran berat dan dalam mematikan api kita perlu menggunakan alat khusus.


UKURAN APAR dan KEMAMPUAN MEMADAMKAN API

Ukuran APAR juga perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada luas api yang akan dimatikan. Misalnya APAR ukuran 9 kg digunakan untuk 5 m2 luas api, jadi per kilonya dapat digunakan untuk 0,5 m2.

BAGIAN-BAGIAN APAR



CARA PENGGUNAAN APAR
- Pastikan APAR berisi dan dapat digunakan (lihat indikator).
- Tarik Pin atau Pengunci APAR.
- Sebelum masuk ke lokasi kebakaran, tes terlebih dahulu dengan menekan sedikit pompanya.
- Berdirilah sesuai arah mata angin untuk menghindari panasnya api.
- Pegang selang APAR, jangan nozlenya, tekan tuas, sapukan ke api kiri dan kanan secara berulang hingga api mati.

GADA PARKING SYSTEM (GPS)

GADA Parking System (GPS)


Perparkiran adalah tempat dimana seseorang menitipkan asset yang berharga ke dalam pengawasan pengelola lokasi. Inilah yang membuat area perparkiran salah satu tempat yang vital untuk menjaga kepercayaan pengunjung terhadap pihak pengelola. Rasa aman adalah tolak ukur tertinggi dalam menjaga kepercayaan tersebut. Menyadari pentingnya berbagai hal tersebut, maka kami Gada Parking memberikan solusi yang maksimal untuk meningkatkan citra dan kualitas pelayanan dengan dukungan yang pintar dan terbaik.


Maka itu perkenankan kami PT. Gada Prima Jaya Sentosa (Gada Parking) sebagai perusahaan lokal yang akan ikut mengambil bagian dalam mensukseskan VISI & MISI Anda sebagai satu kesatuan:

Penggunakan teknologi yang dipadukan secara bersama didukung pengelolaan secara profesional dari Gada PARKING dengan mengimplementasikan sistem training serta memperkenalkan suatu sistem perparkiran terbaru dan tercanggih dengan teknologi tinggi “Image Capture and Recognition”. Dengan menggunakan teknologi terbaru ini, lokasi Anda akan memberikan kesan yang baik dan mendalam karena menunjukkan keseriusan pengelola dalam menjaga keamanan, ketertiban dan pengelolaan lokasi.


TEKNOLOGI yang digunakan Gada Parking dengan unsur Teknologi dan Keamanan dalam sistem yang terintegrasi merupakan teknologi dan keunggulannya yang telah dibuktikan di beberapa lokasi.


- Memadukan sistem kamera, aplikasi software dan hardware computer terbaik dan interfacing terbaru. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan kinerja sistem perparkiran yang sudah ada menjadi maksimal.


- Setiap kendaraan yang memasuki area parkir akan difoto dan foto tersebut disimpan di database komputer server dan diberikan kartu parkir (Kartu Barcode) di pintu masuk.


- Ketika mobil tersebut keluar dari area parkir, petugas parkir di pintu keluar akan menginput Kartu Barkode ke sistem komputer, foto kendaraan beserta jumlah tagihannya akan muncul di layar computer, jika gambar pada layar cocok dengan kondisi fisik kendaran, maka pengunjung dapat melakukan pembayaran tagihan.


- Kartu Barkode ini berfungsi pada platform teknologi Proximity Card . Kartu yang ada diprogram dengan Proximity Writer dan dibaca oleh Proximity Reader . Keuntungan Proximity adalah kepastian data, Code kartu ini tidak ada, yang paling unggul dari kartu Gada Parking System jenis Proximity Card adalah kartu tidak dapat dipalsukan oleh teknologi yang ada saat ini.


- Alat pembaca Proximity Card ini berteknologi tinggi. Membaca kartu yang ditempelkan kepadanya pada jarak sekitar 1-3 cm. Untuk kondisi yang beragam misalnya di daerah khusus, jarak pembacaan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


- Gada Parking System menyediakan sistem yang dapat membaca kartu yang dibawa oleh kendaraan berkecepatan rendah tanpa harus berhenti. Gada Parking System bekerja sama dengan vendor IT yang bergerak di bidang Security and Technology system berbasis di Republik Indonesia.

TEKNOLOGI dengan KAMERA CCTV :

- Pintu Masuk Bila pengemudi menggunakan parkir berlangganan, maka cukup hanya mendekatkan kartu pada tiket dispenser, dan mini komputer akan mengambil gambar kendaraan dan pintu gate akan terbuka.

– Bila pengemudi tidak mempunyai kartu langganan, maka pengemudi harus menekan tombol pada tiket dispenser dan karcis barcode keluar, gambar kendaraan diambil dan pintu gate akan terbuka. Gambar kendaraan akan dikirim ke server untuk disimpan dengan aman.

- Dengan penggunaan teknologi Kamera Pintu Keluar Bila pengemudi yang mempunyai kartu langganan akan memberikan kartunya kepada petugas pos keluar untuk di scan.

- Bila pengemudi tidak mempunyai kartu langganan, harus mengembalikan karcis ber barcode kepada petugas pos keluar untuk di scan . Dengan segera gambar kendaraan serta tagihan akan muncul dilayar komputer petugas. Petugas akan menekan enter pada keyboard untuk membuka gerbang bagi kendaraan yang telah membayar dan sesuai keadaan fisik di lapangan dengan gambar dikomputer.

Kontak Person :
PT. Gada Prima Jaya Sentosa – office : 021.786 4717 / 021 786 4709 
(Roy Saputra) – 0857 1037 5963 / 0812 987 857 28 / 021. 44214482
Email : gadaprima@gmail.com

ARTIKEL

PT. Gada Prima Jaya Sentosa adalah badan usaha yang terintegrasi dan bergerak dalam beberapa unit bisnis usaha penyedia jasa profesional yang meliputi unit bisnis : yaitu Security Services, Parking Management, House Keeping dan Advertising.

PT. Gada Prima Jaya Sentosa
- Security Services, memberikan solusi pengamanan yang terpadu dan berkesinambungan
- House Keeping/Cleaning Service, memberikan pelayanan di bidang general cleaning service yang terintegrasi dengan perawatan gedung baik indoor maupun outdor.
- Gada Parking System, berkonsentrasi pada pengelolaan lahan parking (parking management) yang akan memberikan solusi dan nilai tambah pada kebutuhan dalam lingkup properti.
- Gada Advertising, berfokus pada koridor penyediaan dan pembuatan kebutuhan jasa percetakan dan reklame baik secara digital maupun manual dengan tim kreativ yang berpengalaman dan solid.


Outsourcing SolutionDalam dunia usaha, faktor Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan yang sangat penting, sedangkan aspirasi yang terus berkembang terhadap perusahaan menimbulkan tuntutan yang lebih terhadap SDM yang ada. PT. Gada Prima Jaya Sentosa adalah salah satu solusi untuk membantu kepentingan kedua belah pihak tersebut.

Recruitment & TrainingPT. Gada Prima Jaya Sentosa memiliki standar baku recruitment dan training yang telah terbukti menghasilkan ribuan tenaga kerja yang handal dalam bidangnya masing-masing. Pelatihan teknis dan personality (grooming), dilengkapi dengan pelatihan oleh Lembaga Training terkait, memperlengkapi tenaga kerja Gada Prima dengan kompetensi maksimal.


VISIMenjadi perusahaan penyedia jasa terintegrasi yang terkemuka di Indonesia dengan mengutamakan kualitas layanan melalui pengembangan sumber daya manusia yang handal.

POS PARKIR OTOMATIS DARI GADA PARKING MANAGEMENT.Kini Gada Parking telah dilengkapi dengan sistem otomatis / atau disebut juga dengan Mainless Parking. Yaitu seperangkat unit pos parkir yang dijalankan dengan sistem komputerisasi untuk melayani konsumen yang akan masuk areal parkir suatu properti.

Bagian –bagian dari perangkat otomatis ini terdiri dari :
Sebuah boks ticket otomatis, rambu tarif, boks CPU pengolah data, Card reader pembaca kartu, printer, palang gerbang parkir dan kamera pengintai (CCTV).

Keunggulan dari sistem otomatis ini adalah dapat mempercepat proses antrian masuk dan keluarnya kendaraan terutama pada properti-properti yang memiliki areal parkir luas dan banyak pengunjungnya seperti mall dan gedung perkantoran.

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari penumpukan kendaraan di pos parkir yang terkadang menyebabkan kemacetan di bahu jalan akibat tersendatnya kendaraan yang akan masuk suatu area properti.

Keunggulan lainnya adalah, sistem otomatis ini mampu berjalan non-stop setiap harinya.

Gada personilTenaga kerja Gada Prima mendapat pelatihan yang terfokus agar dapat memberikan kepuasan bagi klien atau pun bagi pemilik perusahaan. Karena Kami percaya, dengan adanya mental profesionalisme pada tenaga kerja kami, tentunya akan menjadikan benefit bagi perusahaan di mana saja.

GADA SECURITY NEW FACILITYSecurity Services sebagai mitra terpercaya klien,memberikan pelayanan yang dilengkapi oleh fasiltas pendukung dalam mengamankan asset client. Pelayanan tersebut meliputi Pengawasan dan pengamanan.


GADA FACILITY SOLUTIONGada Facility Solution Kami hadir untuk memberikan pelayanan prima kepada klien. Di mana pada dasarnya dalam sebuah gedung sangat menuntut kebersihan agar terciptanya suasana nyaman dan sehat bagi setiap pemilik pengunjung maupun petugas. Dengan motto “think Clean”, Kami senantiasa memacu semua personel Kami agar “senantiasa untuk selalu bersih diri secara mental maupun jasmani sekaligus berusaha untuk selalu menciptakan nilai bersih bagi lingkungan di mana Kami berada”.Sehingga menumbuhkan citra positif di mata klien dan berbagai pihak yang berkepentingan.

DEDIKASI Gada Cleaning service Think Clean, bagi setiap personel Gada Cleaning Service (Gada CS) telah menjadi pedoman dalam bekerja. Tidak peduli di mana pun Kami bekerja, kebersihan tetap yang Kami utamakan. Kami melakukan pembersihan secara total baik dalam maupun luar ruangan (gedung).

Di samping fasilitas yang Kami punya, Team work yang solid dan didukung kerjasama team yang tangguh sangat diperlukan di sini, terutama dalam melakukan pembersihan luar gedung.

SEKILAS TRAINING GADA SECURITY SERVICESSeorang personil GADA Security Services dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan prinsip dan hakekat Bisnis Keamanan. Untuk itu, langkah awal yang wajib diikuti oleh calon Petugas Security Gada adalah mengikuti Diklat (Pendidikan dan Latihan) dengan harapan agar nantinya seorang petugas security Gada mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya serta bersikap dan berperilaku sesuai dengan harapan untuk mewujudkan “Good Service” kepada para Klien.

Diklat Gada merupakan salah satu langkah awal yang harus dilalui oleh setiap calon security Gada agar dapat menjadi “ahli keamanan” dimana setiap calon siswa security melewati beberapa tahap seleksi mulai dari rekrutment dan samapta untuk mendapatkan “tiket masuk” ke tempat pelatihan/training.

Pelatihan yang diterapkan mengacu kepada standard yang ditentukan KEPOLISIAN yaitu pola 232 jam namun dalam membentuk Sikap, Disiplin serta Loyalitas yang tinggi Gada membentuk para siswa calon anggota security dengan beberapa langkah :

(1) NOLISASI: Bentuk pengosongan pikiran yang melekat pada diri siswa baik itu pikiran yang dibawa dari rumah maupun pengalaman sebelumnya yang mereka dapat.

(2) DOKTRINISASI: Doktrin yang diterapkan termasuk WASLAT (Pengawasan Melekat) sehingga nantinya selepas dari pelatihan setiap anggota security yang bekerja selalu merasa diawasi.

(3) Pengembangan: Ilmu yang sudah diberikan di tempat Pelatihan mampu dikembangkan setiap anggota security sesuai dengan karakter Projek mereka masing-masing.

SANTUNAN JAMSOSTEK GADA KEPADA KARYAWAN PROJECTMalang tak dapat ditolak, namun mujur masih dapat diraih…

Mungkin begitulah kata kiasan bagi karyawan project Gada Tidak dapat dipungkiri, setiap pekerjaan memiliki resiko tersendiri bagi orang yang menekuni pekerjaannya.

Kecelakaan kerja menimpa karyawan project Kami yang bertugas di beberapa Perusahaan klien Gada, namun yang patut disyukuri adalah bahwa Karyawan-karyawan project Kami masih dilindungi oleh Yang Maha Kuasa dan diapresiasi oleh PT Gada Prima Jaya Sentosa berupa santunan kecelakaan kerja dan JAMSOSTEK sesuai dengan kecelakaan yang dialami.

Karena Kami berkomitmen, di tangan merekalah Gada Prima Jaya Sentosa mampu terus berdiri.
Dan kesejahteraan merekalah yang Kami utamakan.

LEGALITAS PERUSAHAAN

Nama Perusahaan : PT. GADA PRIMA JAYA SENTOSA
Alamat Perusahaan : Jl. Raya Lenteng Agung No. 63 Rt. 005/ Rw. 08 , Kel. Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Jaksel. 12610

Telepon : (021) 7864709/ 7864717
Faximille : (021) 786 4717
Website : www.gadaprima.blogspot.com
               www.gadaprima.wordpress.com

Email : gadaprima@gmail.com

Mobile : 0857 1917 3036 / 021.44214482

Akta Pendirian Nomor : 09
- Tgl. Akta Pendirian : 23 Februari 2010
- Notaris : Ny. Dwiyanti S. Aditia, SH
SK.Menhumham RI : AHU-3369.AH.01.01.th 2010
SIUP, No. : 00390-04/PK/1.824.271
- TDP, No. : 09.03.1.46.66050
NPWP : 03.048.591.6-019.000
SK. Dirjen Pajak : NO.PEM 01105/WPJ.04/KP.0503/20011
PKP : NO.PEM-01105/WPJ.04/KP.0503/20011
- Jenis Usaha : Perdagangan dan Jasa
Sertifikat Jamsostek : 1000000019728
- Surat Ket. Domisili : No. 74/1.824
Surat BUJP POLRI : No. R/6720/XI/2010/Datro
Izin Operasional Mabes : SI/7484/XII/2010
- Surat Ket. AMSI : Sket/124/XI/2011/AMSIJAYA

Jumat, 23 Maret 2012

GADA ADVERTISING

salah satu divisi dari PT. Gada Prima Jaya Sentosa adalah Gada Advertising yang begerak dibidang/jasa penyediaan kebutuhan Percetakan, Reklame, Garment, Merchandise, Design Graphics dan Outdoor Promo. Kami menyediakan Jasa promosi dan Pengadaan barang bagi kebutuhan Industri, Perusahaan, Lembaga,  Hotel, Organisasi maupun Perorangan.

Berdedikasi untuk menciptakan maupun menyediakan jasa promosi dan pengadaan barang khusus bagi setiap pelanggan yang dilaksanakan secara efisien. Komitmen kami terhadap profesionalisme dan kualitas jasa dan produk menjadi prioritas utama trehadap klien kami dan komitmen waktu.

GADA CLEANING SERVICE

CLEANING SERVICE
Asset bagi sebuah perusahaan adalah merupakan modal atau harta yang harus dijaga dan dirawat akan keberadaannya. Asset dapat berupa office equipment, plafond, dinding, lantai, toilet, hingga public area. Kesemuanya itu akan memiliki life time yang semakin panjang apabila metode maintenance dilakukan dengan benar dan tepat. Dengan life time yang semakin panjang tentunya akan berdampak kepada penekanan biaya penggantian/ pengecatan/ renovasi.

Namun hal tersebut di atas hanya akan dapat terwujud bilamana dilaksanakan tahapan sebagai berikut :

1. Studi kelayakan yang memunculkan estimasi biaya operasional dan standar-standar baku yang akan dilaksanakan.

2. General cleaning; merupakan tahap awal operasional perawatan kebersihan dalam bentuk kegiatan deep cleaning, brush cleaning, stripping & washing. Hasil kegiatan ini akan menjadi parameter kegiatan perawatan selanjutnya.

3. Daily cleaning; sebagai tahapan perawatan rutin dilengkapi dengan MCP ( Master Cleaning Program) yang terdiri dari perawatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.

Dalam rangka itulah PT. GADA PRIMA JAYA SENTOSA hadir menjadi mitra, sebagai pelaksana tahapan-tahapan tersebut sehingga target life time yang semakin panjang dari asset anda dapat terwujudkan.
my email :gadaprima@gmail.com

Kamis, 22 Maret 2012

LAYANAN PRODUK / JASA

PELAYANAN KAMI

Kami PT. Gada Prima Jaya Sentosa sebabagai tenaga pelaksana Jasa Pengamanan, Pengelolaan Parkir Berasuransi, Kebersihan, dan Maintenance yang siap membantu anda mencapai prestasi maksimal dalam melaksanakan kegiatan/ usaha utama anda menuju kesejahteraan bersama.

1.Jasa Keamanan, meliputi :
a. Security Guard
b. Security Escort
c. Event Security

2.Jasa Kerbersihan, meliputi :
a. General Cleaning
b. Perawatan Gedung (Building Maintenance)
c. Perawatan Taman / Landscaping (Gardener)

3. Jasa Pengelolaan Lahan Parkir Berasuransi (Mainless System)
a. Kerja Sama dengan Fix Cost
b. Kerja Sama dengan Profit Sharing
c. Consulting Infrastruktur & Management

4. Jasa Pengadaan Percetakan dan Reklame/Promosi/Merchandise.

5. Jasa Pengendalian Hama (Pest/Rodent Control).


PELATIHAN DAN PEMBINAAN PERSONIL

PENDIDIKAN & PELATIHAN PERSONIL

A. Pendidikan Keahlian Dasar
Pendidikan dan Pelatihan anggota SATPAM dilakukan bekerja sama dengan POLDA setempat dengan Instruktur dan Pelatih dari DEMLAT BRIMOB Polda dengan kurikulum mengacu kepada Peraturan Kapolri No. 18 tahun 2006 dan Peraturan Kapolri No. 24 tahun 2007.

Adapun pola pelatihan untuk setiap jenjang adalah sebagai berikut :
1. Gada Pratama, Diklat kemampuan dasar pola 232 jam
2. Gada Madya, Diklat kemampuan menengah pola 160 jam
3. Gada Utama, Diklat kemampuan manajerial pola 100 jam

B. Pelatihan Keahlian Khusus
Seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan lingkungan objek pengaman, maka tuntutan akan penguasan prosedur, penggunaan alat dan metode pengaman semakin berkembang.


Menyikapi hal ini, kami PT. Gada Prima Jaya Sentosa, terus melakukan upaya peningkatan kompetensi, baik kemampuan teknis maupun non teknis bagi anggota dan jajaran manajemen dengan cara mengikutsertakan dalam kegiatan pelatihan khusus, seminar dan lain-lain, baik yang diadakan secara internal (in house training), pihak eksternal atau bekerjasama dan atau atas permintaan pelanggan. Pelatihan dimaksud diantaranya :
Latihan penanganan kebakaran (Fire Drill)
Latihan pengenalan Jihandak (Penjinakan Bahan Peledak)


PENDIDIKAN KEAHLIAN DASAR

Pendidikan dan Pelatihan anggota SATPAM dilalukan bekerja sama dengan Kepolisian Daerah setempat dengan kurikulum mengacu kepada Peraturan Kapolri No. 18 tahun 2006 dan Peraturan Kapolri No. 24 tahun 2007.

Adapun pola pelatihan untuk setiap jenjang adalah sebagai berikut :

1. Gada Pratama, Diklat kemampuan dasar pola 232 jam
2. Gada Madya, Diklat kemampuan menengah pola 160 jam
3. Gada Utama, Diklat kemampuan manajerial pola 100 jam

PELATIHAN KEAHLIAN KHUSUS


Seiring dengan terus berkembangnya teknologi dan lingkungan objek pengaman , maka tuntutan akan penguasan prosedur, penggunaan alat dan methode pengaman semakin berkembang.

Menyikapi hal ini, kami PT. Gada Prima Jaya Sentosa, terus melakukan upaya peningkatan kompetensi, baik kemampuan teknis maupun non teknis bagi anggota dan jajaran manajemen dengan cara mengikutsertakan dalam kegiatan pelatihan khusus, seminar dan lain-lain, baik yang diadakan secara internal (in house training), pihak eksternal atau bekerjasama dan atau atas permintaan pelanggan. Pelatihan dimaksud diantaranya :

1. Latihan penanganan kebakaran (Fire Drill)
2. Latihan pengenalan Jihandak (Penjinakan Bahan Peledak)

KENDALI OPARASI

A. Supervisi
Supervisi rutin dilakukan secara berkala untuk memberikan arahan dan pengecekan pelaksanaan pengaman di lapangan.

B. Patrol
Patroli dilakukan untuk memantau situasi disekitar objek pengaman pada saat meningkatnya resiko keamanan.

C. Back up lapangan
Back up lapangan untuk mengisi kekosongan anggota di lapangan

D. Back Up Kekuatan
Penambahan personil pada saat tertentu termasuk pelibatan anggota kepolisian apabila dibutuhkan.

E. Apel Gabungan
Dilakukan secara rutin setiap bulan sarana komunikasi dan pembinaan.

PENAWARAN KERJA SAMA

Nomor : 024/GPJS/III/2012

Hal : Penawaran Kerjasama Outsourching
Kepada Yth,
BAGIAN HRD / MAINTENANCE
DI TEMPAT

Attn : Ka. HRD

Dengan hormat,
Kami PT. Gada Prima Jaya Sentosa perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang Jasa Outsourching, berminat menjadi rekanan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin dalam bidang Jasa Pengamanan, Pengelolaan Lahan Parkir, Kebersihan dan Perawatan, serta Percetakan, Reklame / Promotions.

I. JASA PENGAMANAN (SECURITY / SATPAM).


II. JASA PENGELOLAAN PARKIR (MANAGEMENT PARKING).

III. JASA KEBERSIHAN & PERAWATAN (CLEANING SERVICE).


IV. JASA PENGADAAN BARANG CETAKAN / REKLAME / PROMOTIONS.

Demikian penawaran kami ajukan dan besar harapan kami agar dapat terjalin kerjasama, atas kepercayaan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
PT. GADA PRIMA JAYA SENTOSA

ABDUL ROCHIM 
Mobile : 0857 1917 3036 / 021. 44214482

Email : gadaprima@gmail.com
website: www.gadaprima.wordpres.com / www.gadaprima.blogspot.com
FB: facebook/gadaprima.

Jumat, 02 Maret 2012

JASA PENGAMANAN

Keamanan dan Kenyamanan adalah dambaan kita semua. Keamanan merupakan prasyarat utama dalam menciptakan situasi lingkungan yang nyaman untuk melakukan segala aktivitas. Hambatan, Tantangan, Ancaman serta Gangguan terhadap keamanan bukan saja menyebabkan ketidak nyamanan, tetapi juga dapat menghambat pencapaian prestasi kegiatan yang kurang maksimal.

Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah pengemban utama tugas pengamanan, namun peran serta masyarakat menjadi andil terbesar dalam menciptakan dan memelihara keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Mengingat besarnya resiko yang dihadapi oleh para petugas keamanan, maka diperlukan bukan hanya system atau prosedur yang baik, tetapi juga tenaga petugas yang terampil,terdidik dan terlatih.

Kami, Perusahaan Security & Jasa Pengamanan PT. Gada Prima Jaya Sentosa, adalah perusahaan yang siap melayani anda setiap saat untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan di lingkungan dimana anda berada dan beraktifitas.

PERSONALIA

A. Profil Personil

1. Manajemen Operasional
Jajaran manajemen operasional merupakan tenaga sipil karir yang berpengalaman di bidang pengamanan dan tenaga bantuan teknis pembinaan dari kepolisian dalam hal ini Brimob Polda

2. Anggota Satuan Pengamanan (SATPAM)
Anggota Satuan Pengamanan PT. Gada Prima Jaya Sentosa direkrut dari warga sipil, baik yang sudah pengalaman maupun non pengalaman yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang sesuai dengan Peraturan Kapolri No. 24 tahun 2007, yaitu :

a. Warga Negara Indonesia
b. Usia minimal 20 tahun
c. Berkelakuan Baik
d. Pendidikan min SLTA
e. Tinggi badan Pria min 165 cm, Wanita min 160 cm
f. Sehat Jasmani dan Rohani
g. Bebas Narkoba

B. Seragam, Atribut, Dan Peralatan

1. Pemakaian seragam, atrtibut dan peralatan pengamanan (Gam Satpam) yang sesuai standar peraturan kepolisian, antara lain :


a. Seragam PDH, Pakaian Dinas Harian
b. Seragam PDL, Pakaian Dinas Lapangan
c. Seragam PSH, Pakaian Sipil Harian
d. Seragam PSL, Pakaian Sipil Lapangan
e. Borgol, Pentungan, Sangkur
h. Radio komunikasi (HT)
i. Kartu Tanda Anggota (KTA)

2. Peralatan Penunjang lainya :
a. Lampu senter dan Lampu lalu lintas
b. Metal dan Mirror Detector
c. Gas air mata dan Air soft Gun
d. Access control (Amano)
e. CCTV
f. Peralatan lainya sesuai kebutuhan

DIBUTUHKAN SECURITY

PT. Gada Prima Jaya Sentosa (Gada Security)
Bergerak dibidang jasa pengamanan (Security), Parkir Manajamen, Cleaning Service, Advertising, Maintenance.

Kami Membutuhkan Tenaga Security, syarat sbb :
- Pria/Wanita,
- Usia; Maks : 35 thn / 27thn
- Tinggi Badan : 168/162 cm
- Pendidikan Min.SMU
- Tidak Berkacamata
- Tidak Bertato, Tidak Bertindik,
Pengalaman/Tidak Pengalaman
untuk segera ditempatkan diseluruh jaringan Mitra Kerja Gada Security Sejabotabek.

untuk lamaran dikirim melalui email : gadaprima@gmail.com / roy_saputra2407@yahoo.com
atau Alamat Kantor PT. Gada Prima Jaya Sentosa (Gada Security)
Jl. Raya Lenteng Agung, Rt. 005/Rw. 08 No. 63 (Samping Gg. H. Subur)
Kel. Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12610
Telp : 021. 7864709 / 7864717
website : www.gadaprima.blogspot.com

HRD Department : Roy Saputra / Abdul Rochim
Hp. 085719173036 / 021. 44214482